Selasa, 09 April 2013

SEJARAH ANJING JADI SAHABAT MANUSIA

Sejarah anjing mulai jadi sahabat manusia
















Kenapa anjing bisa menjadi teman manusia sementara hewan sejenisnya seperti serigala tidak? Apa yang menyebabkan perubahan ini, dan sejak kapan anjing menjadi sahabat manusia?
Sebuah penelitian menemukan bahwa nenek moyang anjing yang saat itu masih liar menjadi jinak dan berteman dengan manusia ketika mereka mulai suka mengonsumsi makanan manusia. Kebiasaan mengonsumsi makanan manusia ini lambat laun mengubah genetik anjing dan membuat mereka beradaptasi dengan manusia.
Para peneliti dari Swedia, Norwegia, serta Amerika Serikat menemukan adanya perbedaan antara kode genetik anjing dan serigala.
"Kami menemukan adanya perbedaan dalam genetik dan cara kerja sistem pencernaan anjing dan serigala. Sistem pencernaan anjing telah beradaptasi sedemikian rupa sehingga mereka bisa bertahan hidup dengan mengonsumsi makanan yang mirip dengan makanan manusia," ungkap peneliti Erik Axelsson dari Uppsala University di Swedia, seperti dilansir oleh NY Daily News (28/01).
Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa anjing mulai berpisah dengan ras serigala sejak 7.000 sampai 30.000 tahun lalu. Anjing yang bisa beradaptasi dengan mengonsumsi makanan manusia yang nantinya menjadi teman manusia. Ini berarti hanya serigala yang bisa beradaptasi dengan makanan manusia yang kemudian menjadi nenek moyang anjing.
Peneliti telah membandingkan 12 jenis serigala dengan 60 anjing dari 14 jenis berbeda. Mereka menemukan perbedaan pada 36 bagian gen yang menunjukkan adanya adaptasi dari nenek moyang anjing.
Beberapa bagian yang berubah berkaitan dengan fungsi otak termasuk sistem perkembangan saraf pusat. Hal ini menjelaskan perbedaan perilaku antara anjing dengan serigala. Tiga gen yang berbeda lainnya berkaitan dengan sistem pencernaan.
Peneliti memperkirakan bahwa anjing merupakan hewan liar pertama yang berhasil dijinakkan oleh manusia. Perubahan ini terjadi ketika manusia mulai memasuki masa bercocok tanam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar