Selasa, 09 April 2013

BILA TOPAN K'RAS MELANDA HIDUPMU

"Bila topan k’ras melanda hidupmu, bila putus asa dan letih lesu,
berkat Tuhan satu-satu hitunglah, kau niscaya kagum oleh kasih-Nya.
(Refrein)
Berkat Tuhan, mari hitunglah, kau ’kan kagum oleh kasih-Nya.
Berkat Tuhan mari hitunglah, kau niscaya kagum oleh kasih-Nya.
"


Lagu ini sangat populer dan dinyanyikan oleh anak-anak di sekolah minggu, di kalangan muda-mudi sampai orang dewasa. Lirik lagunya sangat menyentuh dan memberi hiburan di tengah pergumulan hidup. Iramanya pun ringan dan lincah, sehingga dapat ikut mengangkat kita keluar dari beban yang berat dalam hidup ini.

Tapi tahukah Anda? Lagu ini memiliki judul asli "When Upon Life’s Billows/Count Your Blessing". Lagu ini diciptakan pada tahun 1897 oleh Johnson Oatman Jr. dan Edwin Othello Excel. Berikut adalah sejarah singkat mengenai pencipta lagu ini.

Seorang pengkhotbah awam Methodist yang bernama Johnson Oatman Jr. (1856-1922) merupakan pengarang syair lagu ini. Sejak kecil, Oatman sudah terbiasa mendengar dan menyanyikan lagu-lagu gereja; ayahnya merupakan seorang penyanyi yang cukup terkenal.


Pada faktanya, ia bukan pendeta dan tidak pernah menempuh pendidikan theologi. Tetapi, karena kepandaiannya, ia sesekali diminta untuk berkhotbah. Tugasnya sehari-hari adalah sebagai seorang administrator pada sebuah perusahaan asuransi besar di New Jersey. Di samping tugasnya yang cukup sibuk itu, ia berhasil mengarang 5000 syair lagu. Lagu lain yang cukup terkenal adalah “Kudaki Jalan Mulia” (KJ 400).

Lagu “Bila Topan K’ras Melanda Hidupmu” merupakan lagu yang paling terkenal ciptaan Oatman. Lagu ini dinyanyikan hampir di seluruh dunia. Seorang penulis pernah mencatat bahwa lagu ini ibarat "sinar matahari yang menerangi tempat-tempat gelap di dunia". Hal ini dikarenakan banyaknya orang-orang dewasa yang menyanyikan lagu tersebut dalam kebaktian. Bahkan, dalam paduan suara pun, lagunya seolah-olah bersiul dengan gembira.


Adapun pengarang melodi lagu ini adalah Edwin Othello Excel, seorang komponis yang cukup terkenal saat berkembangnya lagu-lagu penginjilan. Excel lahir di Ohio, Amerika Serikat pada tahun 1851. Pada umur 20 tahun, ia sudah sudah menjadi guru menyanyi dan mendirikan sekolah-sekolah menyanyi. Dia diakui sebagai seorang pemimpin menyanyi yang sangat berbakat. Ia mengarang lebih dari 2000 lagu dan menerbitkan sendiri 50 buku nyanyian. Dalam suatu kegiatan penginjilan pada tahun 1921, ia tiba-tiba jatuh sakit dan meninggal pada umur 70 tahun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar